Selasa, 29 Juni 2010

Belajar dari Spiderman

"Berarti kamu mencintaiku?", Tanya MJ pada Peter Parker

"Iya", jawab Peter singkat.

Mereka berdua saling senyum, meski Peter sedang menahan besi beribu-ribu pon.

"Ini... sangat... berat" Kata Peter, masih dengan tetap tersenyum.



Ini adalah cuplikan yang tidak teralalu letterlij dari film Spiderman 2. Secuil adegan ini memberikan ruang belajar yang luas untuk beberapa hal yang lahir dari nuansa dan suasana yang melingkupi MJ dan Peter Parker. Terdapat dua ruang pembelajaran yang berbeda dari bagian film ini. Ruang pertama adalah konteks film dan yang kedua adalah konteks kehidupan real di luar film.

Apa yang ditanyakan MJ dan dinyatakan oleh Parker adalah tanya jawab yang sebelumnya memang berawal dari perhelatan batin yang panjang. Selama ini Peter selalu mengingkari perasaannya bahwa ia mencintai MJ. Keadaan yang mendesak menjadikan kata itu terlontar begitu sederhana, "Iya". Kata yang bisa dirasakan begitu romantisnya daripada tiga kata yang lebih panjang, "I love you".

Mari kita cermati bagian yang lain dari film yang sama,

"Ini tidak mudah" kata Peter, sambil melepaskan pegangan tangan MJ.

"Kamu memperumitnya", sergah MJ.

MJ berusaha untuk menjadikan semuanya lebih simpel. Ia meninggalkan Peter ketika ia ditolak untuk pertama kali (Spiderman pertama). MJ memilih orang yang mencintainya dengan berusaha menampakkan ia benar-benar sedang mencinta. Maksudnya, ia mengingkari hatinya yang masih terpaut pada Peter. Keterpautan ini dibekukan pada sakit hati ketika ia ditolak. Ternyata sakit hati dan cinta berdiri sendiri-sendiri, membentuk kubu yang menjadi kekuatan untuk menggerakkan kehendak. Apa yang dilakukan MJ seperti apa yang disenandungkan oleh Dewa dengan cintailah cinta, atau apa yang dipetuahkan oleh Melly dan KD, cintailah dia yang mencintaimu. Sebuah simplisitas yang diserahkan pada hukum stimulus dan respon. Ternyata memang tidak semudah itu, karena kekuatan eksitasi (pendorong) dan inhibisi (penghambat) saling bertentangan. Akhirnya simplisitas lebih mengikuti kata hati untuk kembali kepada Peter. MJ melarikan diri dengan gaun pengantinnya untuk menemui Peter.

Berbeda dengan Peter yang dikatakan oleh MJ memperumit. Penolakan yang masih tak jelas buat MJ dilakukan dengan berat oleh Peter untuk menyelamatkan MJ dari musuh-musuh Spiderman. Yang dipilih oleh Peter adalah seperti lagu yang juga dilantukan oleh Dewa, cinta tak harus memiliki. Peter dikatakan memperumit oleh MJ, padahal sebenarnya MJ telah masuk dalam kerumitannya sendiri. Bedanya, Peter melakukan dengan sadar atas pertimbangan tertentu, sementara MJ lebih mengikuti kata hati yang sebenarnya juga kamuflase.

Pengingkaran hati yang dilakukan oleh Peter maupun MJ merupakan hal berat yang akhirnya dibayar dengan beberapa kali mengalirkan air mata. Bahkan pengingkaran ini lebih berat daripada reruntuhan yang ditahan oleh Peter sambil tersenyum, meskipun ia mengatakan berat (pada cuplikan pertama).

Menengok pada kata berat yang diucapkan Peter, kadang bahasa memang membuat hati sedikit ringan untuk dilepaskan dari bebannya. Tapi kata tidak cukup mewakili sepenuhnya apa yang dirasakan di hati. Setiadaknya kata akan membentuk realita, itu yang akan terjadi. Lalu apakah dengan mengatakan berat kemudian semuanya akan menajdi berat? Bisa jadi demikian. Namun lagi-lagi tidak sesimpel itu. Pada waktu Peter mengatakan berat, hatinya mungkin mengucapkan ringan. Atau cinta yang membuat ringan sehingga mulutnyapun begitu mudah untuk mengatakan berat. Dan pada waktu itu bisa jadi kata berat tidak menemui makna yang sesunggunya.

Ada dua prasangka paling tidak yang mungkin terjadi sehubungan dengan kata berat ini. Pertama, Peter merasakan kenikmatan kejujuran ketika segalanya berasa ringan. Secara fisik apa yang dipikulnya memang berat, tetapi hal ini hanya bisa dikatakan bersamaan dengan beban hati yang semakin ringan. Sehingga dua hal yang bertentangan ini membentuk konstruksi makna baru yang terkonversi, berat tetapi ringan atau ringan tetapi berat. Lebih tepatnya sebenarnya berat dan ringan sekaligus. Kedua, Peter disangkakan mengungkapkan kelugasan bahwa melindungi MJ itu memang berat, seberat besi yang sedang ditahannya agar tidak menimpa MJ. Biasanya sebagian para wanita terjebak pada prasangka kedua yang akhirnya terjadi kesalahpahaman yang melukai lelaki. Memang, lelaki juga merasakan kebahagiaan jika usaha keras yang ia lakukan untuk wanitanya bermakna secara nyata di hati si wanita. Ketika MJ bisa merasakan betapa berat besi yang dipikul Peter, itu mungkin sudah cukup membuat Peter bahagia. Sedikit saja pembelajaran reflektif akan membuat MJ tau bahwa apa yang ditanggung di benak Peter jauh lebih berat, meski analoginya masih bisa ditautkan.

Sebenarnya pertemuan antara Peter Parker dan Mary Jane adalah dialog antara simplisitas dan kompleksita. Pertimbangan rasio telah merumitkan jalan hidup Peter Parker. Sementara itu aksi reaksi yang terjadi dalam kehidupan Mary Jane telah menempatkannya pada ruang simplisitas. Namun demikian, pada dasarnya keduanya terjebak dalam kerumitan mereka sendiri. Kerumitan ini terjadi ketika keduanya menolak kata hati. Apa yang dilakukan Mary Jane dengan mencintai orang yang mencintainya sekilas tampak simpel. Tetapi pengingkaran hati telah menjadikan Mary Jane rumit dalam dirinya. Simplisitas aksi reaksi yang dilakukan oleh Mary Jane telah mengundang kerumitannya sendiri. Sementara Peter Parker telah menampakkan kerumitannya dari awal. Interaksi antara wilayah internal dirinya dan pertimbangan eksternal keselamatan Mary Jane memunculkan konflik batin yang membuat rumit. Semuanya baru terjawab ketika keduanya menyerahkan pada simplisitas suara hati.

Bagaimana simplisitas ini bisa dimenangkan, ternyata pergulatan keduanya (kompleksitas dan simplisitas) melahirkan unsur ketiga. Keadaan yang menekan mengawinkan dua unsur untuk melahirkan fleksibilitas. Tekanan yang bertubi-tubi dari gencarnya serangan musuh Spiderman menjadikan kata "Aku cinta kamu" yang tidak pernah diucapkan oleh Peter Parker kepada Mary Jane tergantikan dengan senyum dan jawaban, "Iya". Menari dengan irama alam, musik kondisi dan situasi, telah menjadikan gerak hati, pikiran dan tubuh begitu gemulai untuk memilih secara alami. Bukan pikiran, hati atau tubuh yang menang, tetapi kealamiahan diri untuk berpadu secara harmonis dengan keadaan yang muncul sebagai jawaban kebahagiaan [ ]

2 komentar :

  1. Cengeng yang baca.. huuuuuu
    (halaaaahhh)

    analisis nya keren pak Rudi ^^

    BalasHapus
  2. Cengeng boleh, asal tetap jujur.

    Tambah keren kalau dibaca dan dikomentari hihihi

    BalasHapus