Sabtu, 24 Desember 2011

Resolusi 2012: Biar Jauh, Kamu di Hatiku

Internet telah menghubungkan setiap orang di berbagai belahan dunia, termasuk belahan jiwa (dan belahan-belahan yang lainnya hehehe), termasuk teman kerja.


Iya, internet memungkinkan kita produktif dimana saja, tak tergantung pada kehadiran, penampakan diri, yang lebih sering menghabiskan tenaga.

Aku adalah seorang pendidik, atau sebut saja pengajar yang bekerja pada sebuah lembaga pendidikan yang didalamnya terdapat banyak rekan kerja, baik dosen maupun tenaga kependidikan atau biasanya disebut karyawan.

Seperti halnya tempat kerja pada umumnya, di dalamnya terdiri dari komposisi orang-orang senior dan junior. Para senior adalah mereka yang dikatakan banyak makan asam garam kehidupan, sedangkan yang muda adalah anak yang harus banyak belajar dari mereka yang sudah tua, tentu saja para senior.


Apa itu asam garam kehidupan?

Berdasarkan pengalamanku, yang disebut asam garam kehidupan itu lamanya bekerja. Nah, selama masa kerja yang panjang itu, para senior telah hidup menyejarah dengan cara kerja mereka. Apa yang sudah biasa dilakukan di tempat kerja begitu melekat pada dirinya, sehingga menjadi bagian dari diri.

Iya, para senior telah lama bekerja langsung dengan tangannya. Apa maksudnya? Mereka bekerja langsung bersentuhan dengan kertas, bertatap muka dan selalu hadir setiap harinya dengan jam kerja yang sudah tetap dan ditetapkan. Ini yang oleh mereka disebut sebagai pengalaman yang sesunggunya.


Internet Datang, Hati Senang, Pikiran Melayang

Seiring waktu, datanglah jaman internet yang menawarkan dunia baru, dunia maya. Seperti halnya bertemu dengan orang baru, mau berkenalan masih kagok. Memulai suatu hubungan baru itu butuh mengenali, ada rasa asing, aneh, risih, cemas, takut, tapi dalam hati rasa ingin tahu begitu tinggi.

Sumber: grandopeninghelp.com
Tidak semua orang mampu berkenalan dan memulai hubungan dengan cepat. Kadang kita sudah mulai kenal, tapi hati masih membatasi. Bagaimana tidak, para senior itu sudah mengenal internet sangat lama. Bahkan di tempat kerjaku sudah ada 4 line WiFi, ada web internet dan intranet yang bisa dimanfaatkan untuk proses belajar maupun bekerja. Akan tetapi, perkenalan itu tak berjalan mulus ke jenjang yang lebih tinggi. Ibarat hubungan, sudah kenal lama tak ditembak juga, sudah lama pacaran tak kunjung dipinang.

Apa akibatnya hubungan yang tanggung itu? Tiap orang punya email, akun facebook, ada mailing list juga, tapi tak mewujud dalam penggunaan yang nyata. Kalaupun sudah ada yang menggunakan, belum optimal dalam mengubah paradigma.

Jadi, level terendah adalah punya akun, email dan bergabung dalam milis, tapi tak digunakan. Level berikutnya, sudah menggunakan tapi masih sering lupa ketika dihadapkan pada tugas-tugas nyata. Level terakhir adalah yang mampu memanfaatkan internet dengan optimal.

Tadi disinggung tentang perubahan paradigma. Biasanya level terendah dan level tengah masih punya paradigma offline. Apa itu? Iya, meski mereka bekerja dengan internet, tapi masih mengharuskan waktu kerja yang tetap, harus bertatap muka dan banyak menggunakan kertas (tidak paperless). Akibatnya, siapa yang tak terlihat batang hidungnya, dikatakan tidak bekerja.


Golongan Level Tiga yang Hatinya Dimana-mana

Nah, siapa golongan level ketiga? Iya, mereka adalah generasi muda yang tentu saja 'berjarak' dengan para seniornya. Berjarak di sini bukan berarti secara fisik atau ada gap antar mereka. Tidak, ini cuma soal cara berpikir yang kemudian mempengaruhi cara bekerja.

Pernah suatu ketika ada teman senior, salah satu idolaku karena orangnya sangat pintar, memintaku datang ke tempat kerja karena email yang ku kirimkan kepadanya tidak bisa dibuka. Jika ini hanya soal penguasaan teknologi, aku pikir tidak masalah. Namun jika sudah mengenai pola kerja, maka ini jadi masalah.

Aku sebagai bagian dari golongan ketiga adalah yang bekerja dengan hati yang tak terpisah. Dimanapun dan kapanpun, kami bisa bekerja. Apalagi aku tergolong orang yang susah sekali bekerja jika harus berlama-lama di belakang meja. Selama ini aku berusaha membuktikan bahwa dengan tidak menampakkan muka, aku bisa membereskan semua pekerjaan.

Namun tidak semudah itu. Butuh waktu dan perjalanan untuk saling menyadarkan bahwa kita sudah berada di era internet yang seharusnya memudahkan.


2012 Ingin Menjadi Tahun Bekerja dengan Hati

Bekerja dengan hati maksudnya mengabaikan rentang jarak waktu dan tempat. Bukan berarti bekerja secara offline tidak melibatkan hati. Artinya, hati kita selalu terpaut meski tak harus berada di atap yang sama. Internet itu jauh, tapi mendekatkan hati, sebuah arti kehadiran yang baru.

Tahun 2012 ingin menjadi saat-saat cara pandang terhadap pekerjaan dan rekan kerja sudah berubah. Aku dan teman-teman muda yang sepikiran akan sangat bersuka cita jika semua menerima keberadaan internet seperti keluarga, sehingga juga mampu menyatukan kita sebagai anggota keluarga.

Internet memang memiliki tantangan untuk menumbuhkan kesalingpercayaan. Tapi internet sendirilah yang melatih kita saling percaya. Selama seorang pekerja mampu menjalankan perannya, menyelesaikan semua tanggung jawabnya, maka saat itu pula internet telah berjasa membuat sesama rekan kerja saling percaya.


Tahun 2012 Adalah Tahun Semua Belahan Hidup Terhubungkan

Sekarang saja, di tempat kerjaku semuanya sudah pegang smartphone, gadget yang menyediakan banyak kemudahan dalam berhubungan via social media. Tantangannya adalah soal optimalisasi, bagaimana kita dengan internet semakin bertambah mesra.

Sekarangpun, di setiap rumah bisa memasang internet, baik berkabel maupun nirkabel. Beberapa produk juga menyediakan paket-paket menarik yang juga menawarkan modem WiFi, sehingga kita bisa jadi pekerja rumah yang profesional, memanfaatkan setiap ruang nyaman untuk berkarya secara berkelimpahan.

Demikian resolusiku di tahun 2012.

Apa resolusi Kamu di 2012? 

104 komentar :

  1. Ahihi
    Dulu numpang internet di kantor
    Tahun ini, pasang Speedy di rumah
    Tahun depan? Pasangkan buat tetangga *ngeliriktetanggabelakang

    BalasHapus
  2. 2012?
    Lebih optimal menggunakan internet. Punya bisnis sendiri yang berbasis internet. Blog yang lebih keren dan menarik
    Menerbitkan buku dari blog
    *apalagiya *mikir

    BalasHapus
  3. Ups. Tunggu pembalasanku akhir bulan. Speedy pasti sudah terpasang :p

    BalasHapus
  4. Resolusi 2012 adalaaahhh....

    1. Jadi Ibu (semoga)
    2. Mengejar beasiswa sampe dapat (amiiinn)
    3. Memanfaatkan internet utk menghasilkan uang (optimisss)

    Sementara itu dulu deh.... :)

    BalasHapus
  5. resolusi 2012 adalah mulai belajar menemukan personal brandingku (meminjam istilah @bukik) *nyengir

    BalasHapus
  6. Resolusi 2012 :sekolah rek....membuka kembali KURAS edisi "pedagogi dalam totalitarianisme yg terselubung" hehe..

    BalasHapus
  7. Arry: pasti kalau diteruskan lebih dari 3 poin tuh hehe
    triyo: mudah-mudahan segera ketemu, Kakak
    gagukmann: judul favoritnya @d4uzwax

    BalasHapus
  8. Aku sih tipe orang yg lebih suka ketemu langsung ma orang daripada lewat internet...
    berhubung kalimat tulisan ma kalimat ngomong langsung itu agak beda #maklum,beruang~

    resolusi taun 2012!!!!
    JENG JENG!!!!
    1. Menjadikan menggambar sebagai sesuatu yg menghasilkan (menghasilkan selain gambar tentunya)
    2. Ngisi blog dengan hal2 yg lebih menyenangkan
    3. ......eeee~ apa ya? #undecided

    BalasHapus
  9. resolusi 2012...perang nuklir...necropolis...back to primitive...tentrem adem ayem...everyday is 'live for today'...yes! http://twitpic.com/7ybfg3

    BalasHapus
  10. Resolusi 2012...bissmillaaah!!!:
    1. Menempuh perkuliahan dengan selamat, sejahtera, sentosa, lancar jaya
    2. Mengembangkan usaha online sampe bisa minim ngetop di jawa dulu..
    3. Memanfaatkan internet utk mengenalkan ATAKI Jatim (asosiasi konstruksi) ke masy. luas biar banyak yg jd anggota kita.
    4. turun 10kg (haha ;p)
    5. Lebih rajin solat + ngaji
    6. Meyakinkan temen2 biar kl rapat pake konfren ym ato skype aja biar ga ribet kl ga sempet tatap muka
    7. Mengembangkan HIPMI di jawa timur supaya banyak pengusaha2 baru yang muncul, pertama2 dgn mengoperasikan kantor dulu di jln. Jaksa agung suprapto 23 (sekalian nih ceritanya.. ;p)
    8. Belajar terus sama temen2 dan bisa mengambil tindakan biar bisa sukses kaya mereka.
    9. Bisa menjalani kegiatan dengan teratur, full of passion and always happy!

    BalasHapus
  11. beruanglalimcalonpenguasadunia: sangat spesifik, passionate, aku suka blog-mu
    TerbujurKaku: Iya, yang sederhana itu luar biasa. Primitif itu saat yang paling maju dalam kesehatan psikis :)
    yarmani: Ini resolusi yang sangat terang benderang. satu kata "ammiin" saja, Tuhan langsung arah pengabulannya :) sekali lagi, ammiin..

    BalasHapus
  12. mugo2 kedaden yo rud...hahahahaha...
    bukak sik rek link twitpic e... :p

    BalasHapus
  13. jujur yo mas rudi, ketika aku baca tulisanmu, aku bisa membayangkan apa yg ada di benakmu dgn segala kondisi di "sana". hehe...

    internet itu teknologi masa kini. tiap orang punya karakteristiknya masing2. kenyamanan bekerjanya pun masing2. justru jiwa muda anak2 sekarang perlu dipupuk bgmn bs mnjd inisator utk merubah paradigma dgn adanya perkemb teknologi tnpa ada yg "terluka". hehe...

    internet mmg sdh menggila saat ini. tp sayang, blm semuanya bisa menikmati.komentarku atas tulisan ini adalah.... nice story. tulisan yg penuh perasaan, emosi, dan bumbu. hehe... cuman klo yg diminta ide soal internet, kurang mendalem. tp nek pokoke nulis soal ke-internet-an, cukuplah...

    resolusiku dari dulu sampe skrg dan yg akan dtg psikolog yg berpijak pd 2 sisi: sosial dan bisnis. bgmn caranya? banyak caranya.... hehe...

    BalasHapus
  14. TerbujurKaku: Sudah buka twitpic-nya. Itu semacam berhala ya? hahahaha Tapi aku melihat itu perpaduan tipe pekerja (worker, kotak) dan orang yang ramah (afiiliatif, bundar) yang keduanya dikendalikan oleh pemimpin (leader, segitiga). Tapi kok ya mereka diliputi aura-aura mistis psikologi yo...hehehehe

    Informasi singkat tentang saya: Iya, bijaksana menjembatani yang online dan offline hehe. Untuk doa yang terakhir 100% ammiin.. :)

    BalasHapus
  15. resolusi 2012 bekerja dan belajar dengan ikhlas... hahahaha

    BalasHapus
  16. Valdy34: ammiin. Ayo semangat Val, lebih keras lagi. Dan tetap senang tentunya :)

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. resolusi 2012 semoga selalu diberi kesehatan.....

    BalasHapus
  19. Udah mau masuk 2012 ya? baiklah..
    inilah dia:
    1. bahasa inggris lancar
    2. S2 di europe
    3. membuktikan bahwa 'mystique 2012' itu ttg suatu hal yg baik.

    Klo ini berhasil, akhir 2012 mgkin kita kontak-kontak via internet, rud. aku di europe :)

    amiiin, donk!

    BalasHapus
  20. resolusi 2012????
    jujur untuk tahun 2012 sih bukan keinginan akan memaksimalkan fungsi internet saka... wahh bisa banyak banget ... mungkin susah untuk bisa diungkapkan satu2 kali ya ...
    tapi dimulai dari awal sih.. bismillah
    1. bisa menyelesaikan skripsi dan perkuliahan dengan sempurna.. amin!
    2. punya banyak partner sosial yang berkomitmen tinggi buat JOTHI sama AKAR Community
    3. usaha mandiri yang lagi dibangun semakin luas jaringannya
    4. bisa berjalan seiringan antara kegiatan LSM dengan kegiatan pribadi
    5. ibadah yang main rajin :p
    6. bisa memberikan sebagian penghasilan ke orang tua (ya... dapet kerja gitu maksudnya .. hehe)
    7. fungsi internet sebagai interaksi sosial lain (selain bertatap muka langsung) bisa dimaksimalkan dan digunakan ketika tidak dapat menghadiri sebuah pertemuan.. (ketika rapat, mendiskusikan sesuatu) hehhe.. jadi paling tidak apa yang telah direncanakan sebelumnya bisa tetap terlaksana.. hehe
    8. hidup bahagia dengan melihat orang lain bahagia
    8. masih banyaaaaaakkkkkkk banget ...


    *nice reading :)

    BalasHapus
  21. januar: doa buat semua, keluarga, anak, cucu, ammiin

    manusiaP: sangat luhur. Untuk yang ketiga, mudah2an selalu kebaikan yang terlimpahkan, ammiin

    ncha ada disini: sebagian juga doaku. terimakasih untuk mendatangkan kekuatan pengabulan bersama, ammiin

    BalasHapus
  22. wah apik kui...internet dgn hati..opomaneh klo di+kan internet krakyatan (jd sebar wifi dikampung wkwkwkwkkkk loh cuk, kan speedy bgt tuk perbanyak hotspot :p)

    klo resolusi 2012..hmm
    coming out kan sesuatu yg tertera di kartu identitas wae..region & religion, amin

    BalasHapus
  23. kalau saya, melihat internet seperti sebuah mainan baru bagi kita semua para lay people, boleh dikatakan agak mainstream, saya jujur saja lebih suka sesuatu yang original, and now we are actually finding that nothing original in these many situations and circumstances, perceiving that their self are not mainstream, but yeah look at around, yeah maybe we just need role model, that for neutralizing the situation... :))
    and resolusi saya di tahun 2012:
    not idealist, but bit realist
    and fokus pada satu hal yang saya sukai, karena pada saatnya di battlefield nanti jika saya tidak menyukai apa yang saya kerjakan sudah barang pasti saya akan terkalahkan oleh mereka yang melakukan hal yang sama dengan saya, dan MENYUKAINYA... dan hal yang terakhir, charity year, perhaps I am going to make regular garage sale in my house, yang mana bisa dikunjungi oleh siapapun dari belahan Surabaya manapun...
    best regard. Adinda

    BalasHapus
  24. satu lagi mengenai internet, di tahun 2012 lebih tepatnya, semoga bisa lebih dipergunakan selayak-layaknya, bukan ajang "eker-ekeran", bukan media untuk meng copy hasil karya seseorang dan mengklaim bahwa itu miliknya, oh My God, atau mungkin, saya sebagai lay people sangat tertarik dengan bagaimana era 70-80an para remaja Indonesia bisa sangat kreatif, bahkan tanpa internet yang notabene belum menginvasi Indonesia? maybe I should have mesin pemutar waktu dan melihat apa yang mereka lakukan di masa itu dengan mesin ketik, dan menjadi pen pals? interesting, Pak... hehe...
    namun, tetep ada plusnya, yaa seperti di blog Bapak, saya bisa merasakan terhubung dengan keluarga saya yang berada di negeri antah-berantah... dan couchsurfing.com juga banyak membantu... :))

    BalasHapus
  25. resolusi 2012 saya sudah membuatnya ketika tahun baru muharram 1433 H kemarin .. dari pada copas, mending buka link ini saja :D

    http://penitique.blogspot.com/2011/12/gurindam-anak-jawa.html

    BalasHapus
  26. 56b2e848-2f77-11e1-af1e-000bcdcb471e: Melihat dari id-nya, yang terbayang adalah sebuah rambut gimbal hehehe. Resolusinya dalam, jeruh, kayak tukang gali sumur. Keren...

    dusk and summer: Hey Adinda... Ternyata isi kepalamu meletup juga. Resolusi yang sepertinya sangat-sangat bertanggung jawab, sebagai diri dan juga sekaligus tanggung jawab kontekstual. Ammiin

    Ayunin Ciplukz: hehe kalau yang di PenitiQue sudah baca. Laksana sebuah traktat, tapi sangat mulia. Ammiin

    BalasHapus
  27. Aku ingin orang pada dewasa dalam menyikapi iklan, mulai mengerti metakonsepnya dan menyadari betul dalam membeli produk. jadi tidak terlampau emosional

    BalasHapus
  28. Ingin tahun 2012 sudah ada 1000 generasi muda pemimpin Indonesia. Sudah melakukan pelatihan untuk anak SMA, tapi masih 1 angkatan. Semangaaat!

    BalasHapus
  29. pantau iklan: menciptakan iklan yang cerdas gitu ya..

    indie-leader: Yang ini dukung banget dah

    BalasHapus
  30. Amien untuk semua resolusi yang tercatatkan, may Allah always help us in every step we take.
    Mine, menjadi istri yg sholehah, anak yg berbakti, ibu yg baik untk anak2ku, manusia yg bermanfaat bg sesama untuk kecintaan pd yg kuasa, lebih dan lebih. Bismillah..

    BalasHapus
  31. Meta Istiqomah: Yang terdekat, yang terdalam, yang paling bermakna. Doa yang luar biasa. Ammiin

    BalasHapus
  32. Menurut aku, Internet itu harus digunakan secara bijak. Jangan sampai hanya mendekatkan yang jauh, tetapi membuat yang dekat mjd makin dekat. *tapi, gmn caranya?!* *mikir*

    Semoga di tahun 2012, internet mampu mempertemukan saya dengan jodoh saya *ehh* dan semoga internet juga dapat bermanfaat utk semua lapisan masyarakat. Amin!

    BalasHapus
  33. @MimirMiranti: Untuk doa yang terakhir, ammiin pooooool pokoknya... :)

    BalasHapus
  34. Resolusi 2012: laskar anak Indonesia..bentukan klmpok anak2 usia SD yg pnya semangat tinggi buat belajar di tengah keterbatasan fasilitas :)

    BalasHapus
  35. Anonim: Inspirasinya Laskar Pelangi ya? Bagus tuh, semakin banyak laskar, semakin berwarna-warnilah pelanginya. Ammiin

    BalasHapus
  36. Nice essay+strategi marketing yg bagus dr speedy,hehe..
    Setuju pak sama essaynya diatas, harusnya skr offline dukung online pak, jadi paradigma kerja harus diatur jm kerja n tmpt itu biar ilang :)

    BalasHapus
  37. yup, internet bisa mendekatkan yg ada jauh di belahan dunia. hampir mirip sama pintu ajaibnya doraemon :D (minus kehadiran fisik)

    BalasHapus
  38. Anonim 1: Terimakasih buat apresiasinya. Marketing yang bagus memang. Begitulan nilai positif dari kerja marketing, kreativitas.

    Anonim 2: Iya, dunia yang dilipat :)

    BalasHapus
  39. Okeh,sy sepakat dengan berbagai kelebihan internet bla bla bla yang sudah dijabarkan, terutama manfaatnya untuk manusia pekerja seperti saya yg setiap hari diharuskan berkomunikasi dengan atasan yg dipisahkan jarak Gresik-Jakarta. tapi yang jadi masalah adalah bagaimana merubah paradigma bahwa bekerja=menampakkan batang hidung di kantor? kenyataannya, sekalipun pekerjaan dengan atasan dapat diselesaikan dengan bantuan internet, akan tetapi rekan kerja di kantor tentu akan memunculkan kecemburuan ketika sy tidak muncul di kantor. Nah,merubah paradigma dan budaya yang sudah membudaya ternyata lebih sulit karena tidak semua rekan kerja terbiasa memanfaatkan internet.

    di tahun 2012 semoga ada kebijakan dari kantor untuk dapat bekerja dimanapun dan kapan pun,asal goal tercapai dan kinerja memuaskan Amiiinn.hehehe

    BalasHapus
  40. Udhe': Nah itu dia, selain soal karakter, juga soal kebiasaan yang sudah melembaga di dalam diri. Butuh pembuktian, butuh rekan yang sejalan. Ayo sama-sama berjuang :)
    Buat resolusi 2012-nya, ammiin ammiin ya Robbalalamiin

    BalasHapus
  41. Resolusi 2012 pengen bisa baca 50 buku dan berkunjung ke 3 destinasi impian

    BalasHapus
  42. plenk: Ammiin. Resolusi personal yang passionate. Good luck Bro!

    BalasHapus
  43. My next 2012 wishes:
    (... theoretically)
    1. menyelesaikan thesis! ^^,
    2. dapetin japan scholarship 'itu' (oh.... amien!)
    3. do something useful, seperti inovasi di learning strategy (i love my students... ^^)

    "A great leader's courage to fulfill his vision comes from passion, not position.”
    ~ John Maxwell ~

    BalasHapus
  44. Resolusi?? Taunya risoles dan revolusi hahaha.
    Harapan di 2012 petani makmur sejahtera. Harga pupuk murah dan tidak langka. Nelayan merdeka. Merdeka dari bbm yang masih langka untuk kebutuhan mereka. Itu aja bung Rudi. Salam olahraga. :D

    BalasHapus
  45. semoga resolusinya bisa tercapai..
    dan bisa menang lombanya... amin..

    BalasHapus
  46. Arief Soottaaa: ammiin.. so do you, good luck :)

    BalasHapus
  47. Debby Junaidi: Wah, ini benar-benar resolusi kerakyatan :) ammiin
    Demikian Bung Debby, salam olahraga

    BalasHapus
  48. Wah, mendengar kata resolusi..dulu, waktu pas jaman SMP dan SMA ak pasti bikin resolusi. Tapi rupanya cuma berjalan 2-4 bulan :p

    Trus, pas kuliah, resolusinya berubah menjadi sedikit realistis ehehe..

    Nah, sekarang, mungkin ak mw bikin resolusi yang sederhana, tapi pasti dikerjakan aja deh :p
    Jadi, dengan ini, saya, pada tahun 2012 akan (berasa baca undang2 ehehe):
    1. Lulus S1 Psikologi shg bisa sidang pada kesempatan pertama di semester 8 dengan baik. Amin amin amin.
    2. Minum air putih minimal 1 liter sehari (soalnya ak nggak suka minum air putih).
    3. Bisa cari duit sendiri, smg halal dan ak suka, semangat, dan dengan hati menjalaninya. amin amin amin.
    4. Hadiah buat 2012: punya blog dan aktif menulis :)
    5. Bisa konsisten menjalaninya.

    Yang terakhir, harapan di tahun 2012, semoga segala keinginan selalu diberi kemudahan dan keberkahan yang melimpah. amin amin amin :)

    BalasHapus
  49. Resolusi 2012 yak...hmmm...mungkin 4992 x 3328 sehingga bisa menjadi 16.6 Megapixels...hahaha

    Resolusi 2012 adalah melaksanakan resolusi tahun lalu yang belum terlaksana,

    kadang kita banyak membuat resolusi untuk tahun depan, tapi tidak terlaksana karena banyaknya hambatan....resolusi juga bisa dibilang sebuah janji terhadap diri sendiri dan janji harus ditepati, betul??

    BalasHapus
  50. pak, ikutan nulis resolusi #2012 ya^^

    1. sekolah S2
    2. lulus Japanese Language Proficiency Test level N3
    3. belajar SIBI
    4. ke Jepang

    amin^_^
    terima kasih sudah berbagi ruang pak^^

    BalasHapus
  51. @nessia22: Kalau para mahasiswa punya resolusi seperti itu, pasti keren

    Mas DIto: Wow, hobi memang bisa jadi jalan hidup. Ammiin buat doa pertama. Buat yang kedua, betul setuju, resolusi kudu realistis. Soal harapan yang proporsional itu ada di tulisan ini http://muda.kompasiana.com/2011/12/27/resolusi-juara-2012-memacari-sherina-munaf/

    laras: foku fokus fokus. Kamu benar-benar punya keinginan yang fokus. Lanjutkan!!! :)

    BalasHapus
  52. kalao speedy wifi paket load untuk 10 km keren kali yaaa

    oia salam kenal dengan blog baru saya,
    ditunggu kunjungan balik dan komentar positifnya

    detikQ -
    http://de.tk/6yERb

    BalasHapus
  53. detikQ: Salam kenal balik. Oh, sudah coba ku buka, tapi sepertinya link-nya tidak bekerja dengan baik

    BalasHapus
  54. Emm Bismillahirrohmaanirrohiiim

    Resolusi 2012.. LULUS... Aaamiiiinn
    dan menjalankan peran lain dalam kehidupan

    BalasHapus
  55. resolusi 2012
    1. kuliah
    2. d7000 di tangan
    3. yang lain-lain apa kata nanti lah...

    BalasHapus
  56. Resolusi juara ku :
    Pengen nerbitin buku kaya Raditya Dika, terus pengen bisa buat website sendiri :D

    Happy Blogging ya
    Salam kenal

    BalasHapus
  57. Resolusi 2012...? Tak kira msh 2010 skrg??
    Re-solusi, memberikan solusi ulang utk yg blm tercapai di 2011 dan tentunya bisa mengetahui resep rahasia krabby patty.. Hoho

    BalasHapus
  58. haha ikutan komentar deh pak :D
    resolusi tahun 2012? mewujudkan resolusi-resolusi yang menumpuk tidak terwujudkan di tahun-tahun sebelumnya, dan semoga tidak menumpuk lagi di tahun yang berikutnya :D

    BalasHapus
  59. Resolusi 2012 :
    1. Dapet beasiswa ke Perancis.
    2. Nonton Euro 2012 secara live di Ukraina.
    3. Mahir berbisnis via internet.
    4. Mjd mns yg lbh bertaqwa kpd Allah SWT.

    C'est tout, Monsieur :-)

    BalasHapus
  60. wah waaahh... orang yang tidak memanfaatkan TI pasti merasa pekerjaan mereka lebih mudah kalau diselesaikan dengan cara "seperti biasanya", padahal kalo bisa optimal pakai TI 100kali lebih mudah lagi, koordinasi yang kompleks tinggal klik! Tahun 2009, saya mulai pakai netbook bisa ditenteng kemana aja termasuk di kafe kalo mau nongkrong sambil kerja, tahun 2010 (baru) mulai pakai modem (telat yaa....hehehe) pekerjaan jauh lebih mudah misal pas di jalan ditelpon user yang meminta data segera pada saat itu, tinggal klik dan sent. Tahun 2011, pakai Android (maaf, bukan user Bebe looo) mau baca buku elektronik, email, chat, komunitas, semua all in one. Termasuk aplikasi microsoft office (word, excel dan power point FULL VERSION) semua di genggaman tangan. Sebenarnya bukan perkara mudah, seperti pesan Steve Jobs, dia menciptakan teknologi bukan untuk memudahkan hidup tapi untuk membuat hidup jadi lebih baik. Semoga tahun 2012 lebih baik untuk kita semua. :)

    BalasHapus
  61. Yuli: Ammiin. Pasti peran berikutnya adalah....*disensor

    Erlangga: Ini orang setipe banget, mengalir. Gutlak deh La :)

    Cucu Hermawan: Salam kenal juga. Terus menulis Bro!

    Dhony H: Ammiin. Wow, Krebby Petty. Pasti ini jelmaan dari Plankton :))

    The Lady is Dilla: Ammiin. Semoga tetap mencapainya dengan cara-cara yang bahagia :)

    WA2NMASLOW: resolusi mulia. Aku pun harus meneladani. Ammiin

    MuQi: Beruntunglah orang-orang yang bisa mengefektifkan hidup, juga gadget yang digunakan. Good luck :) Mudah2an semua resolusinya terkabul

    BalasHapus
  62. resolusi 2012?

    wow menakutkan..

    cuma 1 mas, bisa lulus dengan hasil memuaskan, bukan lulus karena terpaksa.
    hehe

    BalasHapus
  63. Resolusi 2012 :
    1. Blogku makin eksis di dunia bloggers. :)
    2. nerbitin buku
    3. punya usaha sndiri yang berkaitan dengan teknologi
    4. Bikin mimpi -mimpi kecil baru seperti jalan-jalan sendirian lagi ke suatu provinsi dll. :)

    BalasHapus
  64. danar: katanya, kalau tidak bisa lulus tercepat, jadilah lulus dengan laporan skripsi tertebal hehehe. Ammiin. Good luck, Dan

    Irene Wibowo: Impian yang mirip bisai sinergis ini. Ayo menulis dan menerbitkan buku bersama :)

    BalasHapus
  65. ini lo yang buikinn JLEB ati!

    "mau berkenalan masih kagok. Memulai suatu hubungan baru itu butuh mengenali, ada rasa asing, aneh, risih, cemas, takut, tapi dalam hati rasa ingin tahu begitu tinggi"

    resolusiku ..
    -menyelesaikan kuliah dengan baik lebih baik terbaik aduhhh undicided
    -strategi pembukuan baru
    -memperpanjang 1 semester komitmen kerja walau polanya ga sama seperti senior
    ..yang bukan terakhir harus punya keputusan untuk ambil studi lanjutan

    kalau yang lain jadi curcol nanti hahahaha
    postingnya KERENNNNNN

    biar bumbunya banyak dan emosional aku suka
    kata orang mau bikin iklan yang cerdas..yang aku tahu iklan yang inspiratif niru Craig Perrine..

    (heaaa gag banyak tahu juga kok, hehe)
    nah kesimpulannya tulisan njenengan Inspiratif dan Saya suka yang bau bau romantis hehehe

    BalasHapus
  66. Resolusiku sederhana aja kok... Cuma pengen bisa bangun pagi hahahaaa :))

    BalasHapus
  67. Resolusi tahun 2012:

    1. Nyelesein utang resolusi tahun 2011 [sedihnyaa :( ]
    2. Berdikari, daaan..
    3. (lanjut)Bebas diabetes.

    Selamat memperjuangkan resolusi masin-masing temaan!

    BalasHapus
  68. justclickado: Lebih baik memulai hal yang kagok daripada tidak memulai hehe. Wah, kalau resolusinya terkabul semua, sepertinya hidup jadi lebih teradministrasikan :) Dan aku masih punya banyak yang romantis xixixi Terimakasih

    dita memey: Tiap pagi mengguyur diri sendiri saja, biar bangun :D

    Maulani: Mandiri adalah cara hidup sehat. Bisa sehat lahir batin tuh :)) Ammiin..

    BalasHapus
  69. Resolusi 2012...bissmillaaah!!!:
    1. Menempuh pekerjaan yg telah diininkan oleh almarhum mama tercinta yaitu masuk PNS n kuliah S2 lagi,
    2. dalam 2012 ini bisa mendapatkan jodoh yg baik untukq n keluargaq
    3. Memanfaatkan internet utk mengenalkan bisa buka biro konseling khadijah lwt bimbinan konseling
    4. pgn langsing
    5. pgn kerja drumah sakit kalo tdk bisa ya kerja dsekolah jadi guru BK
    6. Bisa menjalani kegiatan dengan teratur, full of passion, always happy, Keep smile!
    7. dengan adanya internet yg non stop pastix bisa buka usaha online dengan jualan kue n coklat.....amin semoga terwujud

    BalasHapus
  70. Bettri Gusrizal1 Januari 2012 05.55

    Resolusi 2012
    1. Menjadi pegawai tetap Unilever
    2. Menikah
    3. Ielts score 6,5
    4. Menguasai dasar bahasa belanda
    5. Meningkatkan hafalan Al Qur'an
    Tetap Semangat

    BalasHapus
  71. Resolusi 2012
    1. gemar menulis, jadi miefaza.com jadi lebih terupdate
    2. dapet kerjaan yang sesuai passion
    3. punya buku
    4. bermain dan terus bermain

    BalasHapus
  72. resolusi 2012 yaa ..
    mewujudkan daftar resolusi yang sudah tertempel rapi di dinding kamar :D

    BalasHapus
  73. simple sih, resolusi tahun 2012 pengennya...
    1. skripsi kelar dan lulus kuliah
    2. dapet kerja yang lebih baik

    hehehhehe

    BalasHapus
  74. Hmm, resolusi ya..oke!
    *menikah --> padahal belum punya calon ;-)
    *sanggup resign --> biar bisa cari duit dengan cara berbeda
    *bikin usaha --> bentuknya sih udah makin jelas, tapi ga tak publish dulu ya
    *pulang --> dan tinggal di rumah sendiri, sekarang masih di rantauan.

    Gitu kali ya pakbro..Bismillah!
    Sampeyan jadi mau macarin Sherina?

    ;-)

    BalasHapus
  75. resolusi 2012 yah??
    ga muluk-muluk sih pak
    - UAS lancar
    - IPK naik
    - dapat at least 20 SKS semester depan \(^__^)/

    BalasHapus
  76. terima kasih sharingnya.
    resolusiku apa ya..?
    punya anak lagi kali..
    :D

    BalasHapus
  77. fifin: bekerja dengan passion. Suka deh

    Rizal: Mulia dan sukses tentunya. Jadi ingat Pak @jamilazzaini

    mie-ftah: ayo ngeblog!

    cilioks: pantes dinding kamarnya mau roboh :))

    dita: Yuhu.. ammiin..

    LanyRh: keinginan yang juga ada di lubuk hati :)) Ayo turutkan passion! Untuk calon.. ehm... Gan?

    astri dita: nah ini dia mahasiswa telatan #eh

    nurul: Ammiin... Sekarang sudah berapa anaknya?

    BalasHapus
  78. @niindyaputrii2 Januari 2012 04.32

    resolusi 2012?

    pengen dpt gelar s.psi dibelakang namaku.. itu aja mas, cuma satu tp butuh keteguhan hati plus usaha yang sbsr benua asia.. :)
    smngtt!!!

    BalasHapus
  79. lu2s + lahir satu buku ;)

    BalasHapus
  80. Sepertinya akan bertambah lagi resolusi saya di tahun 2012:

    "menjadikan internet sebagai sarana mendekatkan yang jauh, tanpa harus menjauhkan yang sudah dekat :D"

    BalasHapus
  81. Wah, asyik nih bisa posting rame-rame ginian sambil mendoakan bersama. :) ikutan ya, pak.
    Resolusi 2012 saya, Bismillahirrahmanirrahiim:

    - mencoret daftar "Resolusi selama Kuliah" yang tertempel di dinding kost, sisa yang belum tercoret (termasuk lulus, IPK final cumlaude, dll.)
    - Tugas Akhir dilakukan dengan penuh semangat
    - Beneran diterima di SEANES 2012 (http://www.seanes.net/seanes2012/) untuk presentasikan tugas akhir (selesai sebelum deadline), mensupport pendidikan anak Autis Indonesia.
    - ngirim senggaknya 2 naskah tulisan ke penerbit buku
    - Jadi salah satu YOT Campus Ambassador (http://billyboen.com/youngontop/) mewakili almamater.
    - punya badan yang ideal (hehehe)
    - bisa main satu tambahan alat musik, bisa nyetir mobil, bisa renang, bisa naik motor manual (revealing banget ya ini ehehe)
    - abroad dengan duit sendiri (tabungan gaji dari dosen/tempat magang) atau beasiswa
    - lebih sempatin & giatin ibadah-ibadah sunnah

    Best luck untuk resolusi kita semua, Insya Allah. -bdw-

    BalasHapus
  82. Resolusi ku.......menyelesaikan pembuatan game buatanku...why?? itu impian sejak taun 2000....

    ....menyelesaikan lagu ciptaan sndiri,..yg belum pernah nemu reff-nya...

    ..menyehatkan badan...sehat gak harus gemuk :D hehehe....135 kg now!!!

    tu smw krn aku pingin buktikan, paling tidak pda driku,...bahwa "Something Starts from Nothing" (dgn catatan, DIKERJAKAN! kalo cuma dipikir ato diliat aj. ya gak jadi-jadi. hehehe)

    Last but not least, thank you for your inspiration.
    Catch ya later, Bro
    BUGZ

    BalasHapus
  83. Tahun 2012 Adalah Tahun Semua Belahan Hidup Terhubungkan --> tak amini banter ini mas semoga urusan belahan jiwa juga masuk disni ya :))

    Cuma punya satu resolusi seksi 2012: nulis novel

    BalasHapus
  84. Resolusiku... sebenernya ga perlu nunggu 2012 sih resolusinya, tp bisa bikin resolusi mingguan, atau bahkan harian.
    Yang paling mendasar, PR besar buatku adalah untuk lebih banyak bertindak daripada berpikir, karena kadang apa2 msh di level pikiran, bukan tindakan.
    Selain itu, mudah2an bisa lebih rajin nulisin blogku, biar ga "sembelit", hehe..
    Rasa2nya kalo dua hal tsb direalisasikan, kesuksesan yg lain akan mengikuti, salah satunya: LULUS MAPRO ehehe...

    BalasHapus
  85. Resolusi ku di 2012:
    sebenarnya ndak prnh jg mengkhususkan diri. klo utk fasilitas inet, alhamdulillaah sdh lebih dr 6 thn pake speedy plus Wifi nya sekalian hehehe. jd bs ngenet dr mana saja *eh*. sambil masak jg bisa.
    - pengen jd ibu dan istri yg lbh baik
    - pengen bisnis mungilku pnya "rumah" disalah satu mall. intinya pengen jd pengusaha risoles yg sukses *aamiin*
    - memanfaatkan intrnet sebagai media promosi bwt bisnisku

    BalasHapus
  86. lha terakhirnya kok ada pesan khusus??? ngiklan yo mas? hehehe...

    Resolusi 2012?! mungkin lebih tepatnya untuk diriku adalah sebuah BREAKTHROUGH! karena ada beberapa resolusi 2011 yang belum berJalan Lancar, insyaAllah yang perlu diKUATkan di 2012 diantaranya :

    1. Me-REVIEW MIMPI & HARAPAN
    2. BERSEGERA & BERAKSI LEBIH NYATA!
    3. NEVER COMPLAIN
    4. BELAJAR RENDAH HATI
    5. ME 4 FAMILY
    6. LEBIH PRODUKTIF & MENGHASILKAN
    7. BELAJAR LAGI! LAGI! & LAGI!
    8. KEEP ON EXPLORING!

    semua dibalut dalam PASSION untuk memBAHAGIAKAN & memBESARKAN Orang TerDekat di Sekitar Kita

    Bismillah...
    MARI BERKARYA!

    BalasHapus
  87. 1. memperbaiki ibadah
    2. menyempernakan separuh agama,hahahahaha
    3. lulus tepat waktu dgn nilai cikiciew
    4. jadi ibu
    5. cari modal buat mewujudkan mimpiku bikin sekolah pra nikah,,hahaaayy,,
    6. maksa ibukku jalan2 ke bali dan lombok,hahaaayy..

    mudah2an 2012 jadi pintu pembuka segala keberkahan dan kebaikan,,,aemien,,,

    BalasHapus
  88. @niindyaputrii: Ammiin... Semangaaaaaat!

    husna: Ayo #menulis! Coba baca http://bit.ly/tSjJJE

    november8th: Hati tak bisa dijauhkan, dengan musuh sekalipun :). Internet justru semakin mendekatkan :)

    Bayu Dewey: Suka.. Semakin detil tujuan, semakin mempermudah kaki melenggah ke arahnya

    Inda Nur Farida: Aku juga tak kalah keras ammiinn-nya. Ayo menulis. Baca http://bit.ly/tSjJJE

    kun: Ayo beraksi!

    Nia: mulia sekali, bekerja itu total, artinya jd diri, manusia, ibu sekaligus bekerja

    Febry H.Wicaksana: Ammiin Mas. Karakter banget ini resolusinya, kereeen

    Anonim: Love it! :)

    BalasHapus
  89. "Aku sebagai bagian dari golongan ketiga adalah yang bekerja dengan hati yang tak terpisah. Dimanapun dan kapanpun, kami bisa bekerja." >> Like this mas. Dimanapun berada, ketika ide muncul, disitulah saya bekerja. ehehe

    Resolusi 2012ku: Bukan Tukar Kaos sama David Beckham atau Foto Bareng Syahrini, Hanya......

    BalasHapus
  90. resolusi 2012-ku :
    1. menikah
    2. mengajar
    3. naik haji (insya Alloh)
    4. buka warung kopi

    BalasHapus
  91. 2012 Ingin Menjadi Tahun Bekerja dengan Hati => itu buat dosen
    Kalo saya mah yg masih berstatus mahasiswa, pengennya 2012 Ingin Menjadi Tahun Belajar dengan Hati, hehe

    BalasHapus
  92. 2012 pengen lulussss... wkwkwskwk...
    biz lulus q pengen ngelilingin indonesia yg slama ini q kelilingi dg internet... hehehehe

    BalasHapus
  93. fithraw: like this juga comment-nya

    cipRitwoRLd: untuk yg nomor 4, aku boleh join?

    arialupita: apapun, ikut sertakan hatimu :)

    BalasHapus
  94. mantap gan, sukses selalu kontesnya

    BalasHapus
  95. resolusi 2012 ku adalah:
    -ip+ipk selamat sentosa aman sejahtera
    -skripsi bs kelar 1 semester
    -lulus sidang+wisuda di semester depan
    -bs jadi pribadi yg lebih baik lg dg byk2 koreksi diri
    -tidak mengulang kesalahan2 sederhana yang berdampak luar biasa hanya karena masalah yg sebenrnya simpel
    -terakhir semoga semua yg di atas it bs berjalan lanjar jaya tanpa halangan yg berarti, amin.... :)
    *menyoal internet, buat ku dunia maya telah menjauhkan yg dekat dan semakin mendekatkan yg dekat :p
    *buat mas Rudi, sukses trs lanjar jaya...dan trs berkarya =D

    BalasHapus
  96. Fima: Langkah pendek menentukan langkah panjang selanjutnya ya hehe. Semoga bisa bijak menggunakan internet, sehingga mendekatkan yang jauh maupun yang dekat :) Ammiin buat doanya..

    BalasHapus
  97. Resolusi 2012,
    1. Renov rumah
    2. Semoga bisnis yg baru ini berjalan lancar dan BEP dlm jangka 1 tahun
    3. Nyelesaikan sekolah yg tertunda luaama banget

    BalasHapus
  98. resolusi 2012...
    kalo pergantian tahun 2010 ke 2011 kmrn kan aq lewatkan dgn proses sidang, kelulusan dsb, kalo pergantian tahun ini aku sudah berganti status mjd job seeker... kalo tahun kmrn mahasiswa, kalo skrg karyawan...
    jadi resolusi ku....
    1. pengen punya kerjaan yg settle
    2. diberi kesehatan yang lebih dari tahun kemarin...
    3. semoga tahun naga yg sama ma shioku ini jadi tahun keberuntungan, penuh berkah, penuh kemudahan...
    amiiinnnnnn

    BalasHapus
  99. icha Syakur: Hem, menyenangkan lho renovasi rumah itu. Sekolah dan bisnis? hebat!

    Anonim: ammiin, mudah-mudahan lucky

    BalasHapus
  100. resolusi 2012? hmm.. apa ya?
    pengen bisa menghasilkan duit sendiri, tentunya IP naik, dan gak jomblo lagi.. #eehh :P

    BalasHapus
  101. Sangat inspiratif & luar biasa sekali resolusinya. SEMOGA DAPAT TERCAPAI di tahun 2012 ini, jangan lupa buat mampir ke blog'ku ya ! Trima kasih !

    BalasHapus
  102. iis-sheva: mantab dah ammiin buat Kamu, apalagi buat yang terakhir hehehe

    Buyung Afrianto: Ammiin.. Makasih Mas

    BalasHapus
  103. wah topik yang mantabb sob..
    semoga sukses resolusinya..
    kunjungi punya ane juga di
    http://sigitirmawan.com/tuntaskan-skripsi-di-2012-my-resolution
    tinggalkan komentar yah..
    happy blogging.. :)

    BalasHapus
  104. shygit0911: Wow! Komentarnya sampai 500an. Eh, aku ndak bisa komen. Kotak komennya ngilang. Dicek ya Mas

    BalasHapus