Jumat, 23 November 2012

Akun Hater, Langkah Cerdik dengan 3 Manfaat

Bagaimana rasanya jika ada yang membenci kita? Tentu tidak enak. Begitu juga jika ada yang membenci akun twitter kita. Bagaimana jika sampai ada akun pembenci (hater) dari akun twitter kita?

Kemarin waktu pulang dari kampus, terlibat obrolan hangat tentang twitter. Banyak yang diobrolkan, banyak yang menarik. Namun kali ini aku tertarik dengan salah satu obrolan, yaitu tentang akun pembenci (hater). Apa itu?

Tentu sudah tak asing lagi melihat time line atau lini masa di twitter. Kadang kita juga melongok untuk melihat profil atau bio dari pemilik sebuah akun. Apa yang kita lihat selain data tentang diri yang ingin ditampilkan oleh yang punya akun? Iya, jumlah follower. Apalagi teman-teman yang pakai aplikasi tweetdeck yang memungkinkan kita menampilkan jumlah follower dari akun-akun.

Nah, sehubungan dengan jumlah follower, tentu para akun itu punya variasi. Ada yang hanya mempunyai beberapa gelintir saja, ada juga yang punya sampai ribuan. Akun yang punya banyak follower bisa dibilang punya banyak fans. Biasanya disebut selebtwit.

Karena follower para seleb ini banyak, maka yang baca tweet-nya tentu saja juga banyak. Dari sekian banyak itu, ternyata dalam perkembangan membaca tweet dari idola, ada juga yang mulai tidak suka. Dalam tingkat yang lebih parah, mereka membenci. Sebagian melakukan unfollow, sementara sebagian yang lain bikin akun tandingan yang disebut sebagai akun hater. Coba saja kamu cari, beberapa selebtwit punya akun hater. Tapi rasanya tidak enak kalau aku yang menyebutkan hehe.

Bagaimana perasaan yang punya akun ya? Kita lihat dulu, seperti apa akun hater-nya. Kalau akun hater dibuat oleh orang yang membencinya, memang ada kemungkinan akan banyak kritikan bahkan menjatuhkan yang punya akun dengan menjelek-jelekannya. Nah, yang kayak gini pasti bikin sakit hati. Benar tidak? Jelek sih jelek, tapi ya bukan untuk di publikasikan di lini masa hehehe.

Mungkin buat sebagian yang lain, akun hater malah menguntungkan. Lho kok bisa? Secara positif, akun hater bisa jadi bahan umpan balik atau memberi masukan kepada kita atas yang kita katakan atau lakukan. Dengan demikian, kita bisa menjaga diri dan berhati-hati. Tapi bagaimana jika isinya bukan cuma kritikan, tapi hinaan, cacian, cemoohan? Yang begini nih yang bikin galau hehe.

Kalau buat beberpaa orang aku hater itu menyiksa, sementara buat sebagian yang lain malah jadi bahan masukan, tapi ada juga yang justru menciptakan akun haternya. Nah loh, ada yang bikin hater dari akunnya sendiri.



Kenapa orang bikin akun hater untuk akun twitternya sendiri? Karena akun hater punya manfaat juga, diantaranya:

1. Akun hater adalah cara sebuah akun populer
Kalau biasanya yang bikin sebuah akun populer adalah akun fans atau pengagum, kali ini bisa dilakukan secara kebalikan. Akun hater adalah cara untuk memunculkan sensasi-sensasi tentang akun utama.

2. Akun hater bisa memoderasi 'pukulan'nya
Akun hater yang dikelola sendiri akan lebih moderat dalam memberikan kritik, melancarkan gosip, atau bahkan mencela. Tidak mungkin akun hater yang dikelola sendiri menghina, mencela, mencaci, sampai berefek menjatuhkan buat dirinya.

3. Akun hater jalan untuk klarifikasi
Mungkin saja di luar sana ada pemberitaan atau gosip miring tentang sebuah akun. Hanya saja, gosip tersebut tidak langsung diteriakkan di telinga yang punya akun. Jadi, kalau mau klarifikasi, sedangkan sumber beritanya juga tidak jelas, pasti yang punya akun akan kesulitan. Toh kalau diklarifikasi akan memperkeruh persoalan. Nah, kalau klarifikasinya lewat akun hater yang dikelola sendiri, maka yang punya akun bisa memilih pernyataan atau pertanyaan yang tepat bagi akun utama. Selain itu, klarifikasi juga bisa dibuat dalam bentuk dialog antara akun utama dan akun hater. Jadi lebih clear kan?

Nah, itu tadi manfaat akun hater yang dikelola sendiri. Hehehe curang, tapi cerdik, dan tetap halal hahaha.
Hayo siapa ya yang punya akun hater yang dikelola sendiri? Atau Kamu punya akun hater?



2 komentar :

  1. Kemaren ada yang bikin akun twitter utk akun hater saya padahal saya bukan seleb tapi beneran twitnya nggak enak banget untungnya sekarang dibanned sama twitter :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti Honey sudah populer hehehe

      Hapus