Selasa, 11 Desember 2012

Forum Seperti Apa yang Membuat Kita Lebih Percaya Diri?

Apakah Kamu orang yang percaya diri atau penggrogi saat bicara di depan forum? Pernah mengalami, kadang merasa percaya diri, kadang juga grogi? Itu karena kita berhadapan dengan ragam forum yang berbeda. Apa saja?


Selepas mengajar mata kuliah Psikologi di Fakultas Kedoketeran Gigi Unair, aku ngobrol dengan tukang parkir kampus. Karena aku habis mengajar, pertanyaan yang berhubungan dengan itu dari tukang parkir adalah, apakah berbicara di depan forum itu tidak grogi?

Dulu gorogi. Itu jawabanku atas pertanyaan tukang parkir. Artinya, aku dulu waktu awal-awal berbicara di depan forum, selalu deg-degan. Sekarang? lebih banyak ndaknya.

Tukang parkir bercerita tentang pengalamannya dalam forum. Dia selalu deg-degan ketika akan bertanya atau mengemukakan pendapat. Kalau ini ditanyakan lagi padaku, pasti jawabanku, iya, dulunya aku suka deg-degan. Ada niat mau bicara saja, sudah deg-degan luar biasa. Persis dengan yang dialami tukang parkir tersebut.

Obrolan berujung pada pembahasan tentang kepercayaan diri di forum. Jelas, jika seseorang sudah percaya diri di depan forum, tak bermasalah bicara dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun. Bagaimana dengan yang grogi atau suka deg-degan? Tenang, kata jurinya Asia Bagus (ketahuan usianya berapa haha), deg-degan atau grogi adalah awal yang baik untuk pengalaman yang baik.

Soal percaya diri, yang lebih memegang peran kita grogi atau tidak, memang lebih banyak soal siapa audience kita. Ada beberapa tipe orang orang berkenaan dengan kepercayaan dirinya di depan forum.

1. Percaya diri siapapun audience-nya
Golongan yang pertama ini sudah jelas, siapapun yang menjadi peserta forum, dia berbicara dengan santai saja. Kepercayaan dirinya tidak berubah.

2. Percaya diri jika berbicara di forum yang levelnya di bawahnya
Ada orang yang baru percaya diri jika audience atau peserta dalam forum tingkatnya berada di bawahnya. Misalnya saja seorang dosen yang percaya diri di depan mahasiswa, tetapi tidak percaya diri di depan rekan-rekan sesama dosen atau orang lain yang lebih senior. Dia percaya diri di depan mahasiswa, baik muridnya sendiri atau mahasiswa dari fakultas lain yang ia tidak kenal sebelumnya.

3. Percaya diri jika berbicara di forum yang kenal dengannya
Golongan ini percaya diri dengan forum yang sudah ia kenal. Meskipun forum tersebut terdiri dari rekan yang selevel atau bahkan atasannya, ia tetap percaya diri, asalkan sudah kenal. Walaupun ia berbicara di depan orang yang levelnya lebih bawah, tetapi jika tidak mengenalnya, maka ia tidak percaya diri.

4. Percaya diri jika berbicara di forum yang tidak diketahuinya
Ada juga yang lebih suka berbicara di forum yang pesertanya sama sekali ia tidak kenali. Ia merasa lebih aman dan nyaman dengan orang yang tidak mengenal dia.

Termasuk golongan manapun, yang terpenting, itu bisa menjadi modal. Artinya, kita punya kepercayaan diri berbicara di depan forum. Tinggal mengembangkan kepercayaan diri kita ke forum yang lebih luas dan beragam.

Nah, Kamu termasuk orang yang percaya diri di forum yang seperti apa?

2 komentar :

  1. gda pilihan tidak percaya diri ya? klo ada mungkin saya tidak percaya diri apapun kondisinya, :P

    tapi klo dipaksakan masuk, mungkin gol 2 bisa, hehe..

    BalasHapus